imagesIndonesia adalah negera kepulauan yang luas. Oleh karena itu di negeri ini, ada daerah yang telah berkembang namun ada pula daerah yang masih tertinggal. Begitu pula dengan kualitas pendidikan di setiap daerah pun berbeda. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor geografis sehingga ada sebutan daerah 3T ( terdepan, terluar, dan tertinggal) yang sangat membutuhkan kepedulian dan perhatian yang lebih.
Berdasarkan wacana untuk mengembangkan daerah 3T Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI memiliki berupa Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia yang salah satunya  adalah Program Sarjana Mendidik di Daerah 3T (SM-3T). Di daerah 3 T, sarjana pendidikan yang belum menjadi guru ditugaskan selama setahun. Siapakah yang dimaksud dalam program ini? Bukankah kita?
Program Kemendikna sini sangat patut di apresiasi, dan kita sebagai mahasiswa pendidikan harus merealisasikan apresiasi tersebut dengan bersedia sepenuh hati mengapdi untuk mendidik di daerah tersebut.
Program ini bertujuan untuk mempersiapkan kita sebagai calon pendidik untuk menjadi pendidik yang profesional dan sekaligus membantu mengatasi kekurangan guru. Dari program ini kita yang mau akan sangat mendapat pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga. Melalui program ini kita akan lebih mencintai tanah air kita.
Pasti sudah dapat dibayangkan bahwa daerah ini jauh dari akses pendukung perkembangan layaknya kota-kota yang telah berkembang di Indonesia. Untuk itu tidak hanya kompetensi yang harus dipersiapkan oleh para calon pendidik disana, melainkan kondisi fisik dan mental. Coba baca ini ya  sarjana mendidik di daerah 3T gugur dalam menjalankan tugas
Akan tetapi kita tidak perlu  takut untuk melakukan tugas mulia ini. Sebagai satu bangsa, setiap daerah di Indonesia tentunya harus maju bersama-sama. Kita yang akan membuat perubahan dan kamajuan itu.